Cara Export Preset Lightroom Buatan Sendiri

cara export preset lightroom buatan sendiri

Cara Export Preset Lightroom - Setelah mengedit foto dan menghasilkan setingan preset yang bagus, kadang kita juga ingin membagikan preset tersebut kepada temen, sahabat ataupun orang lain. Akan tetapi kita tidak tau bagaimana cara menyimpan presetnya dan tidak mengetahui dimana sih letak filenya.

Di artikel ini admin akan membahas lengkap pertanyan-pertanyan tersebut. Namun perlu di ingat bahwa sebaiknya lightroom yang kalian pakai harus versi terbaru, agar mendukung format export, sehingga preset kalian bisa digunakan dan dibagikan.

Agar tidak kebingungan saat mencari file, sebaiknya kalian harus mengikuti urutannya dengan benar. Dan berikut adalah urutan langkah-langkahnya :


1. Buka aplikasi lightroom dan pilih foto yang akan kalian edit. Setelah selesai kemudain klik titik tiga dibagian pojok kanan atas. Selajutnya tinggal klik Buat Preset / Create Preset.
cara pasang preset lightroom

2. Beri nama hasil presetnya, contoh disini saya kasih nama balstroy efek, lalu centang semua kategori profil, alat, cahaya, warna, efek, detail, optik, dan geometri kemudain klik centang.
cara pasang preset lightroom

3. Untuk mengecek apakah preset sudah tersimpan, klik saja bagian preset lalu scrool kebawah cari nama Presetel Pengguna.
cara pasang preset lightroom

4. Lalu dimana letak file XMP? Untuk mengakses file tersebut anda harus membukanya di menu lain, yaitu menu File Manager.
cara pasang preset lightroom

Selanjutnya ikuti saja urutan dibawah ini untuk menemukan filenya.

  1. Akses folder
  2. android
  3. data
  4. com.adobe.lr.mobile
  5. files
  6. carouselDocuments
  7. 00000000
  8. profiles
  9. settings
  10. userstyles
  11. .xmp
Kemudian kalian akan menemukan file seperti ini dengan nama yang acak. Untuk membagikannya anda tinggal klik kanan kemudain Share.

cara pasang preset lightroom

Just Info!
File XMP atau Extensible Metadata Platform adalah format preset jenis baru yang digunakan untuk format lightroom mobile.

Itulah cara export preset di aplikasi lightroom, jadi setelah itu kalian dapat membagikan presetnya kepada teman ataupun sahabatmu.
Prast Blog ini saya buat karena hobi saya didunia blogging dan internet marketing. Note : Nulis artikel kalau moodnya lagi bagus doang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Export Preset Lightroom Buatan Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel